Bagaimana Menjadi iOS Developer?

Gamalliel Sharon
4 min readDec 20, 2020

Halo teman-teman semua semoga teman-teman semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan saya membuat artikel ini adalah untuk merangkum hasil pembelajaran saya agar lebih mengerti dan mudah dicerna oleh otak, untuk sharing juga ke temen-temen yang membaca artikel ini karna mungkin dari temen-temen semua ada yang ingin menjadi iOS Developer juga seperti saya, dan juga menjadi self reminder untuk diri saya. Karena, saya ingin menjadi seorang iOS Developer.

Apa itu iOS Developer?

iOS developer merupakan bidang pekerjaan yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi dengan menggunakan sistem operasi iOS, iOS sendiri merupakan sistem operasi seluler yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc.

Alasan saya ingin menjadi seorang iOS Developer adalah karena saya sangat suka dengan ekosistem perangkat teknologi yang dikembangkan oleh Apple dan karena bidang pekerjaan iOS Developer cukup dicari.

Bagaimana Cara Menjadi iOS Developer?

Jika teman-teman ingin menjadi iOS Developer berikut adalah persiapan yang harus dipersiapkan dan langkah-langkah yang telah saya rangkum :

Perangkat

Untuk menjadi iOS Developer kita memerlukan beberapa perangkat, antara lain :

  • MacBook

Untuk membuat aplikasi iOS kita membutuhkan XCODE. XCODE adalah IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk merancang dan membangun aplikasi iOS. XCODE hanya bisa diunduh pada MacBook, saran dari saya sih menggunakan MacBook Pro. Solusinya jika teman-teman tidak punya MacBook, teman-teman bisa menggunakan MacInCloud atau Hackintosh. Akan tetapi, kedua solusi tersebut tidak disarankan.

  • iPhone, iWatch, iPad, tvOS, dan lainnya.

Teman-teman tidak diharuskan memiliki iPhone, iWatch, iPad, tvOS, dan lainnya. Karena pada XCODE sudah terdapat simulator iPhone, iPad, iWatch dan lainnya untuk menjalankan dan testing aplikasi yang teman-teman buat.

Install XCODE IDE

Jika teman-teman sudah memiliki perangkat yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mengunduh XCODE IDE (Integrated Development Environment) pada appstore MacBook.

Bahasa Pemrograman

Dari banyaknya bahasa pemrograman, untuk menjadi seorang iOS developer kita diharuskan untuk menguasai bahasa pemrograman Objective C dan Swift. Jika kamu adalah pemula maka saya menyarankan untuk menggunakan bahasa pemrograman Swift, karena swift lebih mudah di mengerti dan mudah untuk dipelajari oleh pemula.

Swift adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk pengembangan iOS, iPadOS, MacOS, WatchOS, tvOS, linux, dan OS X. Swift mengadopsi bahasa C dan Objective C, tanpa ada kendala dalam kompabilitas. Swift merupakan bahasa pemrograman yang sangat menarik untuk menulis sebuah software, baik itu untuk ponsel, desktop, server atau bahkan untuk menjalankan sebuah baris kode. Selain itu, bahasa pemrograman swift pun aman, cepat, dan interaktif.

Berikut adalah point-point yang harus anda pelajari dalam bahasa pemrograman Swift :

  1. Constant dan Variable
  2. Operator (Arithmetic operator, Comparison operator, Logical operator, bitwise operator, assignment operator, Range operator, Misc operator, Nil-Coalescing operator)
  3. String dan Character
  4. Collection Types (Array, Set, Dictionaries)
  5. Control Flow (if else, switch, while loop, for in loop)
  6. Function
  7. Closure
  8. Enumeration
  9. Object Oriented Programming (Structure dan Classes, Properties, Methods, Subscript, Inheritance, Initialization, Deinitialization, Protocol, Extension, Generics)
  10. Memory

Fokus skill iOS Dev mu

Fokus kepada pemrograman iOS dan jangan gampang terpengaruh dengan tren tren lain, Dalami fundamental iOS seperti UIKit, Storyboard, Networking, Data Persistence, Architectural Pattern, Swift UI, Concurrency, Collaboration, Testing, Cocoapods, Human Interface Guidelines and Apple Design Principle, Reactive Programming with RX Swift etc, Test Driven Development. Jika ingin belajar dengan efektif belajarlah sambil membuat aplikasi yang mencakup fundamental fundamental dari pemrograman iOS tersebut dan berkomitmen penuh untuk mencapai target-target yang diinginkan karena sisanya adalah ada pada diri kita bagaimana cara kita untuk mencapai target-target yang kita inginkan. Semuanya butuh proses dan persiapan “this is the way!”.

Photo by Danial RiCaRoS on Unsplash

Self Branding

Bangun personal website mu, portfolio, CV, Resume, Blog, Share code kamu melalui GitHub, Berkolaborasi dengan orang lain, Menjadi pembicara pada sebuah event, Berkontribusi kepada open source project, dan buat konten sosial media seperti instagram ataupun youtube tentang tutorial Swift Programming Language atau menceritakan proses belajar kamu setiap hari. Jelaskan project-project yang telah kamu buat sendiri secara detail dan menyeluruh pada portfolio mu. Rangkum hasil belajarmu dan share di media sosial kesukaanmu dengan kata kata sendiri agar lebih paham. Letakkan seluruh kode pada project kamu pada GitHub agar developer lain dapat melihat dan berkontribusi pada kode program kamu. Bagikan dan sebarkan hasil karyamu kepada teman, kerabat, keluarga ataupun media sosialmu agar orang bisa melihat dan tau apa yang kamu kerjakan.

Photo by Icons8 Team on Unsplash

Gabung Komunitas dan Sharing

Join komunitas iOS Developer di Indonesia ataupun di luar negeri agar disaat kamu kebingungan dan ingin bertanya, kamu bisa bertanya di grup komunitas, dan di grup komunitas juga kamu dapat mencari teman untuk berkolaborasi dan sharing ilmu pengetahuan.

“This Is The Way!”

Tetap fokus, jangan mudah tergoda oleh tren tren teknologi terkini, dan berkomitmen penuh pada diri sendiri. Sekian artikel ini saya buat semoga teman-teman mendapatkan sedikit pencerahan dari artikel ini. Terima-kasih!

Ada pertanyaan atau ingin berdiskusi?

Silahkan menghubungi saya melalui kontak berikut :

linkedIn Facebook Telegram

--

--